Warga RI Paling Banyak Habiskan Waktu Bermedia Sosial di Whatsapp dan TikTok

Media
1
Annissa Mutia 15/09/2022 15:00 WIB
Durasi Penggunaan Media Sosial 2021
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan internet untuk menggunakan media sosial di era digital ini. Menurut survei Kementerian Kominfo dan Katadata Insight Center (KIC), publik dalam negeri paling banyak menghabiskan waktu bermedia sosial di Whatsapp dan TikTok

Terkait dengan penggunaan media sosial, survei ini menemukan Whatsapp merupakan media sosial yang diakses oleh hampir seluruh responden. Sementara itu, TikTok merupakan aplikasi yang cukup populer dalam setahun belakangan.

Tahun lalu TikTok diakses oleh 16,7%, sementara tahun ini mencapai 29,8% responden. Fenomena TikTok pun terlihat dari rata-rata durasi penggunaan media sosial tersebut. Tik Tok digunakan lebih dari 2 jam per hari oleh 47,4% responden, mengalahkan Facebook dan Instagram. Dengan rincian, 5,6% responden mengatakan menghabiskan durasi lebih dari 8 jam di Tiktok, 9,9% menggunakan sekitar 5-8 jam, 31,8% menggunakan sekitar 2-5 jam dalam sehari.

Whatsapp merupakan aplikasi yang paling lama digunakan per hari. Bahkan, 72.5% responden menggunakan Whatsapp lebih dari 2 jam per hari.

Penggunaan media sosial lebih dari dua jam di berbagai media sosial lainnya, yaitu, Facebook 41,4%, Youtube 45,2%, Instagram 42,4%, Telegram 30,1%, dan Twitter 26,7%. Sementara itu, responden yang mengakses Line lebih dari dua jam paling sedikit, yaitu hanya 24,5%.

 (baca: Jumlah Pengguna TikTok Terus Bertambah, Ini Data Terbarunya)

 

 

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.