Orang Indonesia Suka Main Media Sosial, Ini Alasannya

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Annissa Mutia 15/09/2022 16:00 WIB
Alasan Utama Menggunakan Media Sosial 2020 dan 2021
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kebanyakan atau 67,6% orang Indonesia mengakses internet untuk  media sosial. Menurut survei Kementerian Kominfo dan Katadata Insight Center (KIC), mayoritas orang menggunakan media sosial untuk membantu komunikasi dan interaksi sehari-hari.

Survei ini mengungkap, sebanyak 78,6% responden mengaku yang menjadi alasan mereka bermedia sosial utamanya membantu dalam komunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, 64,3% mengatakan bahwa teman atau orang-orang yang dikenal juga menggunakan media sosial yang sama.

Selain itu, alasan lainnya bermedia sosial untuk mengikuti dan mengetahui keadaan, aktivitas, berita dari teman/orang yang dikenal (35,4%), berkenalan dengan orang baru dan membentuk kelompok untuk berbagi minat (19,5%), ada fitur-fitur yang menarik untuk digunakan (20,8%), dan menginformasikan tentang diri dan aktivitas pribadi (17,6%). Sementara itu, sebanyak 1,1% responden lainnya mengatakan alasan lainnya.

Survei ini juga menunjukkan, publik dalam negeri paling banyak menghabiskan waktu bermedia sosial di Whatsapp dan TikTok.  Terkait dengan penggunaan media sosial, survei ini menemukan Whatsapp merupakan media sosial yang diakses oleh hampir seluruh responden. Sementara itu, TikTok merupakan aplikasi yang cukup populer dalam setahun belakangan.

TikTok merupakan aplikasi yang cukup populer dalam setahun belakangan. Tahun lalu Tik Tok diakses oleh 16,7%, sementara tahun ini mencapai 29,8% responden. Fenomena TikTok pun terlihat dari rata-rata durasi penggunaan media sosial tersebut. TikTok digunakan lebih dari 2 jam per hari oleh 47,4% responden, mengalahkan Facebook dan Instagram.

Sementara itu, Whatsapp merupakan aplikasi yang paling lama digunakan per hari. Bahkan, 72.5% menggunakan Whatsapp lebih dari 2 jam per hari.

(baca: Warga RI Paling Banyak Habiskan Waktu Bermedia Sosial di Whatsapp dan TikTok)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.