Harga Gas Alam Dunia Naik Selama Empat Hari Terakhir

Materials
1
Agus Dwi Darmawan 14/09/2022 14:58 WIB
Harga Gas Alam Dunia Tiga Bulan Terakhir
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga gas alam dunia untuk transaksi Selasa, 13 September 2022 naik. Perdagangan harga gas alam dunia hari ini tercatat US$ 8,36 per mmbtu. Angka ini lebih tinggi dibandingkan perdagangan hari sebelumnya yang berada di angka US$ 8,09 per mmbtu. Kondisi saat ini menggenapi pergerakan harga gas alam dunia dalam empat hari terakhir yang sedang dalam tren menyusut.

(Baca: Ekspor dan Impor Indonesia ke Etiopia Turun pada 2020)

Seminggu terakhir, pergerakan harga gas alam dunia melambat 9,7 persen dengan rata-rata harga transaksi harian adalah US$ 8,17 per mmbtu. Sedangkan terhadap harga di awal tahun, harga gas alam dunia ini telah tumbuh 119,24 persen. Adapun sepanjang tahun ini, nilai perdagangan tertinggi untuk komoditas gas alam dunia pernah ditransaksikan di harga US$ 9,68 per mmbtu yang terjadi pada Senin, 22 Agustus 2022.

Secara tahunan, rata-rata perdagangan harga gas alam dunia dalam lima tahun terakhir dalam tren naik. Sementara itu, untuk pantauan harga secara bulanan, transaksi dalam 12 bulan terakhir cenderung naik. Tertinggi, harga rata-rata bulanan komoditas gas alam dunia pernah tercatat yakni pada Agustus 2022 diharga US$ 8,78 per mmbtu.

TTF (Title Transfer Facility) Belanda merupakan titik perdagangan virtual untuk gas alam di Belanda. Secara virtual, fasilitas ini bermanfaat bagi sejumlah pedagang untuk melakukan perdagangan berjangka, fisik atas gas.

(Baca: Harga Perak Pagi Hari Diperdagangkan US$ 19,33 per Troy Ons (Rabu, 14 September 2022))

Sebelumnya Rusia telah memangkas aliran gas melalui jalur Nord Stream 1 ke Jerman hingga hanya 20% dari total kapasitas. Ini membuat negara-negara Eropa berebut pasokan untuk menyimpan gas sebanyak mungkin untuk menghadapi musim dingin, dan mencari pasokan alternatif.

Data Populer
Lihat Semua