Tiga Hari Terakhir, Harga Gas Alam Dunia Terus Naik

Materials
1
Agus Dwi Darmawan 13/09/2022 15:22 WIB
Harga Gas Alam Dunia Tiga Bulan Terakhir
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga gas alam dunia untuk transaksi Senin, 12 September 2022 naik. Perdagangan harga gas alam dunia hari ini tercatat US$ 8,09 per mmbtu. Angka ini lebih tinggi dibandingkan perdagangan hari sebelumnya yang berada di angka US$ 8,08 per mmbtu. Kondisi saat ini serupa dengan pergerakan harga gas alam dunia dalam tiga hari terakhir yang sedang dalam tren menyusut.

(Baca: Ekspor dan Impor Indonesia ke Aruba Turun pada 2020)

Seminggu terakhir, pergerakan harga gas alam dunia melambat 11,41 persen dengan rata-rata harga transaksi harian adalah US$ 8,3 per mmbtu. Alhasil sepanjang 2022, harga gas alam dunia telah melesat 111,95 persen dari posisi awal tahun yang masih berada di level US$ 3,81 per mmbtu. Bahkan dari harga tertingginya tahun ini di US$ 9,68 per mmbtu, harga gas alam dunia telah turun 16,47 persen.

Secara tahunan, rata-rata perdagangan harga gas alam dunia dalam lima tahun terakhir dalam tren naik. Sementara itu, untuk pantauan harga secara bulanan, transaksi dalam 12 bulan terakhir cenderung naik. Tertinggi, harga rata-rata bulanan komoditas gas alam dunia pernah tercatat yakni pada Agustus 2022 diharga US$ 8,78 per mmbtu.

(Baca: Harga Perak Pagi Hari Diperdagangkan US$ 19,62 per Troy Ons (Selasa, 13 September 2022))

Sebelumnya, berita ancaman kekurangan gas juga memperdalam kekhawatiran atas risiko resesi di negara-negara yang bergantung pada bahan bakar untuk industri dan pembangkit listrik, termasuk Inggris dan Uni Eropa.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.