Bukan Ratu Elizabeth II, Inilah Pemegang Tahta Kerajaan Terlama Sepanjang Sejarah Dunia

Media
1
Cindy Mutia Annur 12/09/2022 18:20 WIB
Pemegang Tahta Kerajaan Terlama Sepanjang Sejarah Dunia (9 September 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Penguasa Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia, pada Kamis (8/9/2022). Wafatnya sang ratu menandakan berakhirnya kekuasaanya yang berlangsung selama 70 tahun 7 bulan 2 hari.

Itu merupakan pemerintahan terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris sekaligus pemerintahan terlama yang tercatat dari kepala negara wanita mana pun dalam sejarah.

Mengutip History.co.uk, Ratu Elizabeth menjadi penguasa tahta terlama kedua sepanjang sejarah dunia. Posisi sang ratu berada di bawah Raja Louis XIV dari Prancis yang berkuasa selama 72 tahun 110 hari.

Pemegang tahta kerajaan terlama selanjutnya dipegang Raja Bhumibol Adulyadej atau Rama IX dari Thailand. Ia memiliki masa kepemimpinan selama 70 tahun 126 hari.

Berikutnya, ada Raja Johann II dari Liechtenstein tercatat memiliki masa kepemimpinan selama 70 tahun 91 hari.

Lalu, Raja K’inich Janaab Pakal dari Palenque, kota suku Maya Kuno, memegang tahta kerajaan selama 68 tahun 33 hari. Kemudian, ada Raja Franz Joseph I dari Austria yang berkuasa selama 67 tahun 355 hari.

Perlu diketahui, setelah kematian Ratu Elizabeth II, Raja Charles akan memerintah kerajaan Inggris. Diikuti oleh anak sulungnya, Pangeran William, dan kemudian anak sulungnya, Pangeran George. Pangeran William dan istrinya, Catherine, menjadi Duke dan Duchess of Cambridge dan Cornwall.

(Baca: Tutup Usia, Ratu Elizabeth II Penguasa Monarki Terlama di Inggris)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua