Produk industri hiburan Korea Selatan, seperti K-Pop dan K-Drama, banyak digemari di Indonesia. Adapun para penggemar atau fandom K-Pop kerap saling berkenalan dan berinteraksi lewat media sosial.
Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), media sosial yang paling banyak digunakan untuk interaksi fandom adalah Instagram.
Ada cukup banyak juga penggemar K-Pop yang berinteraksi di Twitter, WhatsApp, YouTube, dan TikTok. Sedangkan proporsi yang menggunakan Facebook tampak lebih sedikit seperti terlihat pada grafik.
Survei ini dilakukan KIC terhadap 874 penggemar hiburan Korea Selatan di seluruh Indonesia yang pernah berinteraksi dengan fandom di media sosial.
Secara umum, responden survei ini didominasi oleh Generasi Z (usia 17-25 tahun) serta Milenial (usia 26-41 tahun), dan mayoritasnya berasal dari kelas ekonomi-sosial menengah ke bawah. Laporan survei lengkapnya bisa diunduh di tautan ini.
(Baca: Promosi Produk Lewat Idol K-Pop, Efektif atau Tidak?)