Ini Merek Makanan yang Sukses Branding Lewat Idol K-Pop

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 05/09/2022 16:50 WIB
Merek Makanan dan Minuman yang Membuat Responden Teringat pada Artis Korea Selatan (Juni 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Saat ini ada banyak perusahaan yang menggaet idol K-Pop dan K-Drama untuk menjadi duta merek atau brand ambassador mereka.

Adapun di kelompok produk makanan dan minuman, merek yang paling banyak diasosiasikan dengan artis Korea Selatan adalah Lemonilo.

Menurut hasil survei Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 21% penggemar hiburan Korea Selatan di Indonesia teringat pada grup K-Pop NCT Dream saat melihat produk Lemonilo.

Tingkat asosiasi merek Lemonilo bahkan mengalahkan Mc Donald's. Meski sempat diserbu konsumen dan viral di media sosial karena menjual produk dengan kemasan BTS, hanya 7% responden yang mengasosiasikan Mc Donald's dengan grup K-Pop tersebut.

"Kolaborasi Lemonilo dengan NCT Dream pada awal tahun ini menjadikan Lemonilo paling banyak diasosiasikan dengan idola Korea. Sementara kolaborasi antara Choi Siwon dengan Mie Sedaap berada di peringkat kedua," jelas KIC dalam laporannya.

Kendati demikian, strategi pencitraan lewat idol K-Pop ini tampaknya bukan kunci utama dalam penjualan produk.

Survei KIC menemukan bahwa mayoritas penggemar artis Korea Selatan di Indonesia lebih mempertimbangkan harga, diskon, serta ulasan konsumen dalam berbelanja. Sedangkan penggemar yang membeli produk karena diiklankan oleh idolanya hanya sedikit.

Survei ini dilakukan KIC terhadap 1.609 orang penyuka hiburan Korea Selatan di seluruh wilayah Indonesia. Responden didominasi oleh Generasi Z (usia 17-25 tahun) serta Milenial (usia 26-41 tahun), dan mayoritasnya berasal dari kelas ekonomi-sosial menengah ke bawah. Laporan survei lengkapnya dapat diunduh di tautan ini.

(Baca: Promosi Produk Lewat Idol K-Pop, Efektif atau Tidak?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua