Ekonomi Jawa Timur Tumbuh 5,74% YoY pada Kuartal II 2022

Ekonomi & Makro
1
Vika Azkiya Dihni 09/08/2022 13:50 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Secara Tahunan (Year On Year/YoY)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ekonomi Jawa Timur pada kuartal II 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,74% (year-on-year/yoy). Meski demikian, pertumbuhan itu lebih rendah dibandingkan kuartal I 2022 yang tumbuh 7,07% (yoy).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, industri pengolahan merupakan penyumbang sumber pertumbuhan tertinggi ekonomi Jawa Timur pada kuartal kedua tahun ini, yakni sebesar 2,36%.

Sementara kontribusi lapangan usaha sektor perdagangan berada di urutan kedua dengan persentase 1,29%. Lalu diikuti konstruksi yang menyumbang 0,69%, serta informasi dan komunikasi 0,34%.

Jika dilihat berdasarkan pengeluaran, konsumsi rumah tangga menjadi sumber pertumbuhan tertinggi, yakni sebesar 4,01%, diikuti Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang menyumbang 1,97%.

Bila dibandingkan dengan provinsi lainnya di pulau Jawa, Jawa Timur adalah penyumbang perekonomian terbesar kedua di pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 25,30%.

Adapun di skala nasional, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur berada di posisi kesepuluh tertinggi secara tahunan. Kendati demikian, pertumbuhannya lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat 5,59% (yoy).

(Baca Juga: Ini Pertumbuhan Ekonomi Negara Kawasan Asia Pasifik, Bagaimana dengan Indonesia?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.