Ini Pertumbuhan Ekonomi Negara Kawasan Asia Pasifik, Bagaimana dengan Indonesia?

PDB
1
Viva Budy Kusnandar 08/08/2022 17:40 WIB
Pertumbuhan Ekonomi 8 Negara Kawasan Asia Pasifik (TW II-2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Beberapa negara kawasan Asia Pasifik telah merilis laporan pertumbuhan ekonomi kuartal II -2022. Sebagian besar masih mencatatkan pertumbuhan positif, tetapi ada juga negara yang mengalami kontraksi.

Berdasarkan data Tradingeconomics, Vietnam tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di kawasan Asia Pasifik, yakni sebesar 7,72% (year on year/yoy) pada kuartal II 2022. Diurutan kedua, Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,44% (yoy).

Berikutnya, Singapura dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,8% (yoy), kemudian Taiwan tumbuh 3,08% (yoy), Korea Selatan tumbuh 2,9% (yoy), Amerika Serikat tumbuh 1,6% (yoy).

Kemudian ekonomi Tiongkok tumbuh 0,4% (yoy), terendah dalam 9 kuartal terakhir. Sementara ekonomi Hong Kong pada kuartal II-2022 mengalami kontraksi 1,4% (yoy).

Inflasi tinggi yang melanda di banyak negara akibat melonjaknya harga komoditas energi dan pangan memunculkan kekhawatiran resesi ekonomi global. Ekonomi Indonesia yang masih tumbuh secara impresif hingga kuartal II-2022 ini menandakan tren pemulihan ekonomi masih berlanjut dan semakin kuat.

(Baca: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,44% pada Kuartal II 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.