Masyarakat Indonesia sudah cukup “melek” dalam menggunakan media sosial. Hal ini membuat sejumlah platform media sosial kerap digunakan dalam keseharian warga.
Berdasarkan laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2021 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), WhatsApp merupakan platform media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Rinciannya, sebanyak 27,6% responden mengatakan sangat sering dan 52% sering menggunakan WhatsApp dalam sehari. Hanya 16,6% responden yang mengatakan jarang dan 3,8% sangat jarang menggunakan platform media sosial tersebut.
Berikutnya, Facebook menempati urutan kedua platform media sosial yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Rinciannya, sebanyak 14,6% responden mengatakan sangat sering dan 43,2% sering menggunakan platform tersebut.
Ada pula TikTok yang juga sering digunakan masyarakat Indonesia. Sebanyak 13,1% responden mengatakan sangat sering dan 42,8% sering menggunakannya.
Sementara itu, media sosial yang paling jarang digunakan masyarakat Indonesia dalam survei tersebut Line. Hanya ada 6,2% responden yang mengatakan sangat sering dan 19% sering menggunakan media sosial tersebut.
Adapun survei ini dilakukan pada tanggal 4-24 Oktober 2021 dengan menggunakan metode wawancara tatap muka. Sampel survei terdiri dari 10.000 responden yang tersebar di 34 provinsi, dengan kriteria berusia 13-70 tahun dan pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.
Survei memiliki margin of error sekitar 0,98% pada tingkat kepercayaan 95% dengan metode multistage random sampling.
(Baca: Segelintir Orang Menyaring Teman Medsos menurut Agama dan Status Sosial)