Survei: WFH Lebih Dianggap Efektif oleh Gen Z

Ketenagakerjaan
1
Reza Pahlevi 04/08/2022 17:00 WIB
Efektivitas Lokasi Bekerja Menurut Generasi (Juli 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei JakPat terbaru membahas preferensi lokasi kerja setelah pandemi. Hasilnya, bekerja dari kantor (work from office/WFO) masih dianggap paling efektif dibandingkan dengan lokasi kerja lainnya.

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) justru menjadi lokasi kerja paling tidak efektif. Meski begitu, persentase responden Gen Z yang menganggap WFH efektif lebih banyak dibandingkan dengan milenial dan Gen X.

Sebanyak 63% Gen Z menganggap WFH efektif, sementara hanya ada 56% milenial yang menganggap WFH efektif dan 43% Gen X yang berpikiran serupa.

Secara umum, semua generasi setuju WFO paling efektif. Sebanyak 91% Gen Z, 91% milenial, dan 93% Gen X beranggapan demikian.

Work from anywhere (WFA) dianggap paling efektif kedua dengan Gen X memiliki persentase terbesar (87%). Lalu, bekerja hibrida (kantor/rumah/WFA) menjadi yang paling efektif ketiga dengan tidak ada perbedaan persentase yang mencolok.

Jakpat melakukan survei terhadap 1.436 pekerja berumur 18-44 tahun pada 24 Juni-4 Juli 2022. Survei ini memiliki margin of error di bawah 3%.

(Baca: Survei: Pekerja Anggap Bekerja di Kantor Lebih Efektif)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.