Survei: 88,3% Fandom K-Pop Gunakan Instagram untuk Saling Berinteraksi

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 26/07/2022 10:20 WIB
Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan Fandom K-Pop untuk Berinteraksi (Juni 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi.id melakukan survei salah satunya terkait media sosial apa saja yang digunakan oleh penggemar Korea untuk saling berinteraksi dengan komunitas fandom. Hasilnya, mereka paling banyak menggunakan Instagram.

Hasil survei mencatat, sebanyak 88,35% responden menyatakan pernah berinteraksi dengan anggota dan komunitas fandom online menggunakan Instagram. Sementara 63,3% responden menggunakan twitter dan 50,1% menggunakan WhatsApp.

Kemudian ada sebanyak 49,5% responden menggunakan YouTube, 43,2% menggunakan TikTok, 35,7% Telegram, dan 31,1% menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan komunitas fandom.

Sementara masih ada 13% responden yang menggunakan Line sebagai media sosial untuk berinteraksi dengan komunitas fandom. Sedangkan, 1% responden menggunakan media sosial lainnya.

Adapun survei ini dilakukan pada 20–29 Juni 2022 secara online terhadap 1.609 responden warga Indonesia yang menyukai hiburan Korea.

Mayoritas responden berasal dari kelompok Gen Z dan Milenial. Responden tersebar di seluruh Indonesia, dengan populasi terbanyak berada di Pulau Jawa.

Hasil survei lengkap Zigi Korean Day 2022 dapat diunduh di link berikut: 
https://zigi.id/surveipenggemarkorea

(Baca Juga: Segelintir Orang Menyaring Teman Medsos menurut Agama dan Status Sosial)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua