Demam Korea telah merajalela di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir. Para penggemar artis Korea Selatan di Indonesia bahkan dapat menghabiskan waktunya hingga berjam-jam untuk mengakses ragam konten idolanya seperti lagu, reality show, video musik, film, serial drama, dan lainnya.
Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi.id, mayoritas atau 41,1% penggemar di Indonesia mengakses konten Korea Selatan rata-rata mencapai 1 hingga 3 jam per hari. .
Berikutnya, sebanyak 24,7% responden mengakses konten Korea Selatan rata-rata kurang dari 1 jam per hari. Lalu, sebanyak 18,9% responden yang mendengarkan musik atau menonton film Korea Selatan rata-rata selama 3 hingga 6 jam per hari.
Ada pula sebanyak 10,2% responden yang mengakses konten Korea Selatan rata-rata selama lebih dari 6 jam per hari. Sementara, 5,1% responden tak menyebutkan berapa lama durasi mengakses konten asal Negeri Gingseng.
Adapun survei ini dilakukan pada 20-29 Juni 2022 secara online terhadap 1.609 responden warga Indonesia penyuka hiburan Korea. Mayoritas responden berasal dari kelompok Gen Z dan Milenial. Responden tersebar di seluruh Indonesia, dengan populasi terbanyak berada di Pulau Jawa.
Laporan lengkap survei ini dapat diunduh di https://zigi.id/surveipenggemarkorea
(Baca: K-Pop vs K-Drama, Mana yang Penggemarnya Lebih Banyak?)