Survei: Ini 5 Hal yang Paling Dikhawatirkan Gen Z dan Milenial

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 21/07/2022 12:00 WIB
5 Hal yang Paling Dikhawatirkan Gen Z (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan The Deloitte Global 2022 Gen Z and Millennial Survey, menunjukkan Gen Z dan milenial di dunia paling khawatir dalam mengelola keuangan.

Tercatat, ada 29% responden Gen Z memilih biaya hidup seperti perumahan, transportasi, tagihan, dan sebagainya yang menjadi perhatian utama dan paling mereka khawatirkan.

Survei juga mencatat hanya sekitar setengah dari Gen Z dan milenial yang merasa mampu membayar biaya hidup mereka setiap bulan. Sementara lebih dari seperempat Gen Z dan milenial tidak merasa aman secara finansial.

Dari kekhawatiran tersebut, sebanyak 43% Gen Z memiliki pekerjaan paruh waktu atau penuh waktu kedua selain pekerjaan utama mereka. 

Selain biaya hidup, perubahan iklim juga menjadi hal yang paling dikhawatirkan Gen Z (24%). Kemudian 20% Gen Z juga khawatir soal pengangguran.

Ada pula 19% responden Gen Z yang khawatir soal kesehatan mental, dan 17% khawatir terkait pelecehan seksual.

Adapun 5 hal yang dikhawatirkan milenial hampir sama dengan Gen Z, seperti biaya hidup (36%), perubahan iklim (25%), kesehatan/penyakit (21%), pengangguran (20%), dan kejahatan (18%).

Survei ini dilaksanakan pada November 2021 dan Januari 2022. Survei melibatkan 14.808 responden Gen Z dan 8.412 milenial yang tersebar di 46 negara yang disurvei.

(Baca Juga: 60 Persen Gen Z Memiliki Indeks Literasi Digital Tinggi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.