Ini Negara Asia Tenggara dengan Kesetaraan Gender Terbaik pada 2022

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 18/07/2022 12:10 WIB
Indeks Ketimpangan Gender di Negara Asia Tenggara (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

World Economic Forum (WEF) merilis laporan terbarunya tentang kesenjangan gender pada Rabu (13/7/2022).

Dalam Global Gender Gap Report 2022 WEF menerapkan sistem skor dengan skala 0-1. Skor "0" menunjukkan kesenjangan gender yang sangat lebar, sedangkan skor "1" menunjukkan tercapainya kondisi kesetaraan penuh.

Sama seperti tahun lalu, pada 2022 Filipina kembali menempati posisi puncak sebagai negara dengan kesetaraan gender terbaik di Asia Tenggara.

Kemudian Singapura naik ke peringkat kedua, sementara Laos turun ke peringkat ketiga tahun ini dengan rincian skor seperti terlihat pada grafik.

Setelahnya ada Timor Leste yang bertahan di posisi keempat, masih sama seperti tahun lalu. Sedangkan di posisi kelima sampai kedelapan masih bertahan Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Kamboja.

Adapun Malaysia naik ke peringkat sembilan dan Brunei Darussalam naik ke peringkat sepuluh, menempatkan Myanmar di posisi terbawah tahun ini dalam hal kesetaraan gender.

WEF mengukur kesetaraan gender di setiap negara berdasarkan empat komponen utama, yakni kesempatan dan partisipasi ekonomi, pencapaian pendidikan, kesehatan, serta pemberdayaan politik.

(Baca Juga: Pendapatan Perempuan Pekerja RI Hanya Naik Tipis dalam 3 Dekade)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua