Keluarga Jadi Sasaran Utama Penyebaran Informasi dari Media Sosial

Telecommunications
1
Tim Riset dan Publikasi 15/07/2022 17:26 WIB
74 Persen Responden Survei Literasi Digital Meneruskan Informasi dari Medsos ke Keluarga
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Media sosial menjadi sarana berbagi informasi maupun berita yang paling mudah digunakan hampir oleh semua kelompok masyarakat. Dalam Laporan Status Literasi Digital Indonesia 2021 disebutkan, dari sekitar 10 ribu responden yang tersebar di 34 provinsi, sebanyak 98,9 persen di antaranya menggunakan WhatsApp dan 89,8 persen menggunakan Facebook sebagai aplikasi media sosial.

Lebih lanjut, laporan tersebut juga mengungkapkan dari dan kepada siapa informasi dibagikan. Sekitar 74 persen responden mengaku menyebarkan berita atau informasi ke keluarga dan saudara, kemudian 58 persen meneruskan informasi ke teman dekat, diikuti 30 persen berikutnya yang membagikan informasi ke pasangan.

Tetangga dan komunitas tempat tinggal menjadi sasaran pernyebaran informasi berikutnya dengan persentase sekitar 17 persen. Kemudian, diikuti grup terbatas seperti grup komunitas (9,7 persen), grup alumni (7,6 persen), dan grup kantor (5,1 persen). Terakhir kelompok lain-lain sekitar 1,1 persen.

Yang menarik, tetap ada responden yang mengaku tidak menyebarkan informasi atau berita yang didapat menggunakan media sosial namun jumlahnya sangat kecil hanya 0,4 persen.

Hal tersebut menunjukan peran media sosial yang semakin dominan sebagai sarana penyebaran informasi aataupun berita, terutama kepada kelompok terdekat, seperti keluarga dan teman dekat.

Editor : Dini Hariyanti
Data Populer
Lihat Semua