51% Lulusan SMA ke Bawah Memiliki Literasi Digital Rendah

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 14/07/2022 13:50 WIB
Perbandingan Indeks Literasi Digital Berdasarkan Tingkat Pendidikan (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka literasi digitalnya secara umum semakin baik. Hal ini tercermin dalam laporan Status Literasi Digital Indonesia 2021 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC).

Menurut laporan tersebut, mayoritas atau 67,8% responden yang berpendidikan tinggi (S1 ke atas) memilliki skor indeks literasi digital di atas rata-rata nasional (indeks tinggi).

Sedangkan di kelompok responden yang berpendidikan rendah (SMA ke bawah) mayoritasnya atau 51,5% memiliki skor indeks literasi digital di bawah rata-rata nasional (indeks rendah), seperti terlihat pada grafik.

Skor literasi digital ini diukur melalui empat pilar indikator besar, yaitu Kecakapan Digital (Digital Skills), Etika Digital (Digital Ethics), Keamanan Digital (Digital Safety), dan Budaya Digital (Digital Culture).

Penilaian kemudian dilakukan dari hasil survei terhadap 10 ribu responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Kriteria responden berusia antara 13-70 tahun serta pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik home visit di area survei. Tingkat margin of error survei ini kurang lebih 0,98% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: 60 Persen Gen Z Memiliki Indeks Literasi Digital Tinggi)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.