Survei: Ini Alasan Masyarakat Indonesia Tetap Gunakan Masker Meski Diperlonggar

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 04/07/2022 11:40 WIB
Alasan Responden Tetap Menggunakan Masker (Juni 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Meskipun Presiden Joko Widodo telah melonggarkan kebijakan penggunaan masker di Indonesia, mayoritas masyarakat masih patuh dalam penggunaan masker untuk mencegah virus Covid-19 di Tanah Air.

Hasil survei Jakpat yang mencatat bahwa sebanyak 69% responden menyatakan selalu memakai masker, baik di dalam maupun luar ruangan. Ada sejumlah alasan masyarakat masih tetap menggunakan masker.

Mayoritas atau 75% responden mengatakan tetap menggunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara serta bau tidak sedap. Sebanyak 69% responden memakai masker untuk melindungi diri dari persebaran virus lain.

Lalu, 64% responden menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ada juga 62% responden yang beralasan karena sudah sejak dulu menggunakan masker, dan 50% karena merasa lebih nyaman.

Alasan lainnya yaitu lebih percaya diri 33%, untuk menutupi ekspresi wajah 22%, dapat menghemat pemakaian kosmetik 16%. Sedangkan 1% responden menjawa alasan lainnya.

Survei ini dilakukan terhadap 356 responden pada 7-8 Juni 2022 dan 20-23 Juni 2022. Survei dilakukan dengan cara menyebar kuesioner melalui aplikasi Jakpat dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) di bawah 3%.

(Baca Juga: Survei: Banyak Orang Setuju Pelonggaran Aturan Bermasker)

 

 

 

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua