Rata-rata Biaya Kuliah di DI Yogyakarta Tertinggi Nasional

Layanan konsumen & Kesehatan
Penulis
Vika Azkiya Dihni 01/07/2022 15:20 WIB
10 Provinsi dengan Rata-rata Total Biaya Kuliah Tertinggi (2020/2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, rata-rata total biaya kuliah yang dikeluarkan mahasiswa di DI Yogyakarta lebih tinggi dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia, yakni Rp21,1 juta selama tahun ajaran 2020/2021.

Sementara itu, provinsi Banten berada di urutan ke dua dengan rata-rata biaya pendidikan perguruan tinggi sebesar Rp19,59 juta selama tahun ajaran yang sama. Diikuti Maluku dengan rata-rata biaya kuliah Rp19,44 juta.

Di sisi lain, provinsi Sulawesi Barat memiliki rata-rata biaya pendidikan perguruan tinggi paling rendah di antara provinsi lainnya di Indonesia, yakni Rp8,51 juta.

Adapun, rata-rata total biaya yang diperlukan untuk jenjang perguruan tinggi di Indonesia, selama tahun ajaran 2020/2021 adalah Rp14,47 juta. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari rata-rata total biaya pendidikan jenjang SM/sederajat yang sebesar Rp7,80 juta.

Sebagai informasi, biaya pendidikan yang disajikan dalam publikasi BPS ini merupakan hasil penjumlahan dari uang pendaftaran, uang saku, biaya transportasi, dan biaya-biaya operasional seperti SPP/UKT (Sumbangan Pembinaan Pendidikan/Uang Kuliah Tunggal), seragam sekolah, alat tulis, buku pelajaran, serta biaya lainnya yang dikeluarkan oleh mahasiswa.

(Baca Juga: Berapa Dana Bantuan KIP Kuliah Tahun 2022?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.