IKLAN

Singapura, Negara dengan Pangsa E-Commerce Lokal Terbanyak di Asia Tenggara

Pangsa E-Commerce Lokal dan

Sumber : iPrice,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Annissa Mutia

20/6/2022, 10.50 WIB

Singapura menjadi negara dengan pangsa e-commerce lokal terbanyak di Asia Tenggara. Temuan ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh iPrice periode kuartal I 2022.

Dari keenam negara yang telah dianalisis oleh tim iPrice, Singapura menduduki posisi pertama dengan pangsa e-commerce lokal mencapai 98% dari keseluruhan e-commerce yang terdapat di negara tersebut. 

Menurut iPrice, hasil itu tidak mengherankan mengingat Singapura memiliki dua perusahaan unicorn, Shopee dan Lazada, yang saat ini memimpin pangsa pasar e-commerce di Asia Tenggara.

Posisi kedua diduduki oleh Vietnam dengan pangsa e-commerce lokal mencapai 60%. Tidak berbeda jauh dengan Vietnam, Indonesia berada di posisi ketiga dengan pangsa e-commerce lokal sebesar 54%.

Kemudian menyusul Malaysia di posisi kelima dengan pangsa e-commerce lokal sebesar 25%. Lalu, diikuti Thailand dengan persentase 15% dan Filipina hanya 1%.

IPrice mencatat, meskipun pangsa e-commerce internasional lebih dominan di Malaysia, Thailand, dan Filipina. Nyatanya jumlah e-commerce lokal di ketiga negara tersebut justru lebih banyak dari jumlah e-commerce internasionalnya.

Kendati demikian, skala e-commerce lokal yang lebih kecil di ketiga negara tersebut menyebabkan pangsa internasional lebih diminati.

IPrice melakakukan riset ini dengan menggunakan data jumlah pengunjung website masing-masing e-commerce dari SimilarWeb. Data ini mengindikasikan jumlah traffic global pada Q1 2022 dari e-commerce lokal maupun internasional yang ada di masing-masing negara.

(Baca Juga: Saingi Shopee, Tokopedia Jadi Marketplace dengan Karyawan Terbanyak)

IKLAN

data terkait