Riset: Tokopedia Situs E-Commerce dengan Engagement Tertinggi di Media Sosial

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 20/06/2022 10:40 WIB
Situs E-Commerce dengan Engagement Sosial Tertinggi di Media Sosial (Kuartal I 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Platform e-commerce Asia Tenggara, IPrice, menganalisis reaksi dan engagement yang terjadi antara pengguna Facebook dan Twitter terhadap 4 situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Hasilnya, Tokopedia berada di peringkat pertama.

Hasil riset menunjukkan, Tokopedia menjadi e-commerce dengan engagement Facebook dan Twitter tertinggi yaitu sebesar 146 ribu engagements. Kemudian, diikuti oleh Bukalapak sebesar 117 ribu, Shopee 96 ribu, dan Lazada 12 ribu.

Riset iPrice juga menemukan meskipun memiliki jumlah pengunjung yang lebih rendah, Bukalapak berhasil memiliki keterlibatan sosial yang lebih tinggi dari Shopee dan Lazada. 

Temuan ini menunjukkan masyarakat Indonesia nampaknya memiliki antusiasme yang lebih tinggi terhadap topik-topik perkembangan e-commerce loka,l seperti Tokopedia dan Bukalapak dibandingkan dengan perkembangan e-commerce internasional.

Adapun, data engagement diambil dari Buzzsumo dengan melakukan pencarian pada 4 nama merchant (general store) teratas di Indonesia. Total reaksi meliputi komentar, share dan reaksi emoji seperti "like", "wow", "love", "haha", "sedih" dan "marah" dari Facebook dan share dari Twitter pada kuartal I 2022.

(Baca Juga: Ini Pertumbuhan Jumlah Karyawan Shopee sejak Awal 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.