Ini Perbandingan Biaya Hidup Tinggal di Jakarta dan Beberapa Kota di Luar Negeri

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 20/06/2022 15:50 WIB
Perbandingan Biaya Hidup di Jakarta, New York, Singapura, Kuala Lumpur, Seoul (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Saat menetap di negara lain dengan tujuan untuk bekerja ataupun belajar, biaya hidup menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Setiap negara tentu memiliki biaya hidup yang berbeda-beda.

IPrice melakukan riset terkait perbandingan biaya hidup di 5 negara besar yang sebagian menjadi tempat paling banyak dikunjungi oleh turis Indonesia. IPrice membandingkan biaya hidup yang harus dikeluarkan perbulan di Jakarta, New York, Kuala Lumpur, Singapura, dan Seoul.

Biaya hidup tinggal di New York tercatat paling tinggi. Jika di total, keseluruhan biaya hidup yang diperlukan untuk tinggal di kota Amerika Serikat itu sekitar Rp51,5 juta per bulannya.

New York memang terkenal dengan kota metropolitan. Harga sewa untuk satu apartemennya saja (satu kamar) rata-rata 35 juta per bulan untuk lokasi di tengah kota.

Biaya hidup yang harus dikeluarkan di New York jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Jakarta. Riset mencatat, estimasi biaya hidup rata-rata bulanan di Jakarta sebesar Rp15 juta per bulan.

Biaya hidup di Jakarta juga lebih murah jika dibandingkan dengan Seoul dan Singapura. Estimasi rata-rata biaya hidup di kedua kota tersebut masing-masing Rp45 juta per bulan dan 30 juta per bulan.

Sementara itu, rataan biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di Kuala Lumpur tercatat lebih rendah dari Jakarta. Biaya hidup di Ibu Kota Malaysia itu sekitar Rp13,7 juta per bulannya.

Data perkiraan biaya hidup rata-rata bulanan untuk satu orang ini diambil oleh IPrice dari Numbeo pada 21 Juni 2021. Numbeo mengumpulkan data ini berdasarkan input pengguna (dari lebih dari 500.000 kontributor) dan data yang dikumpulkan secara manual dari sumber resmi.

(Baca Juga: 10 Negara dengan Biaya Hidup Tertinggi di Asia, RI Masuk Daftar?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua