Riset: GrabFood Kalah Populer Dibandingkan GoFood dan ShopeeFood

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 16/06/2022 14:40 WIB
Layanan Pesan Antar Makanan Online yang Pertama Kali Diingat/Top of Mind Berdasarkan Riset Tenggara Strategics (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan riset Tenggara Strategics merilis hasil riset terkait layanan pesan antar makanan paling banyak diingat/top of mind.

Hasilnya menunjukkan, GoFood merupakan platform online food delivery (OFD) yang menjadi top of mind. Tercatat, sebanyak 50% responden memilihi platform layanan pesan antar makan GoFood.

Tak hanya itu, GoFood juga menjadi platform layanan pesan antar makanan paling banyak diunduh oleh konsumen dengan persentase 76%. Konsumen menilai GoFood paling banyak menawarkan menu beragam, kenyamanan, dan keamanan bertransaksi.

Menurut riset, GoFood lebih banyak dimiliki dan digunakan oleh konsumen Indonesia meski para konsumen memiliki aplikasi OFD lainnya. Nilai transaksi GoFood juga menjadi yang tertinggi, yakni Rp30,65 triliun.

Sementara itu, ShopeeFood berada di posisi kedua. Sebanyak 28% responden menjadikan ShopeeFood sebagai top of mind. Shopee Food dianggap konsumen sebagai platform yang paling banyak menawarkan promo.

Adapun, GrabFood kurang populer dibandingkan GoFood dan ShopeeFood. Tercatat, hanya 22% responden yang menjadikan GrabFood sebagai top of mind platform OFD.

Riset ini dilakukan pada 10-14 Juni 2022 dengan metode wawancara tatap muka. Riset melibatkan 1.200 responden yang tersebar di enam kota dengan tingkat kepercayaa 95% dan margin of error kurang lebih 2,8%.

(Baca Juga: Tertinggi di Asia Tenggara, Nilai Transaksi GrabFood Lampaui GoFood dan ShopeeFood pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.