Kegunaan platform media sosial tak sekadar untuk berkomunikasi dan berjejaring. Banyak pula masyarakat yang kini menggunakan media sosial untuk mengakses berita-berita terkini.
Laporan bertajuk “Reuters Institute Digital News Report 2022” menunjukkan bahwa sebagian masyarakat di Asia menggunakan media sosial untuk berita.
>
Tercatat, mayoritas masyarakat Asia menggunakan Facebook untuk mengakses berita. Persentasenya yakni 43%.
YouTube berada di posisi kedua sebagai media sosial yang digunakan untuk mengakses berita dengan persentase 42%. Lalu, ada WhatsApp yang digunakan oleh 24% masyarakat Asia untuk mengakses berita.
Berikutnya, sebanyak 18% masyarakat Asia menggunakan Instagram untuk berita. Kemudian, sebanyak 14% menggunakan Twitter untuk mengakses berita.
Ada pula masyarakat Asia yang menggunakan FB Messenger untuk mengakses berita dengan persentase 11%. Sementara itu, masyarakat yang menggunakan Telegram dan TikTok untuk berita masing-masing sebanyak 9%.
Adapun survei itu dilakukan terhadap 20.349 responden di Asia, termasuk Indonesia. Survei dilakukan melalui kuesioner online yang diselenggarakan oleh YouGov pada akhir Januari dan awal Februari 2022.
(Baca: Pengguna Aktif Bulanan Facebook Tembus 2,93 Miliar, Wilayah Ini Terbanyak)