Mayoritas Penggemar E-Sport adalah Laki-laki Muda

Produk Konsumen
Penulis
Cindy Mutia Annur 09/06/2022 19:00 WIB
Distribusi Penggemar E-Sport Global menurut Gender dan Usia (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Industri e-sport terus berkembang dan diminati masyarakat dari berbagai negara. Penggemar e-sport pun berasal dari beragam latar usia, mulai dari usia muda hingga tua.

Menurut laporan Newzoo bertajuk Global Esports & Live Streaming Market Report, mayoritas penggemar e-sport adalah laki-laki dengan persentase sebanyak 66%.

Penggemar e-sport laki-laki berusia muda merupakan yang paling dominan dengan proporsi 49%. Rinciannya, sebanyak 31% berusia 21-35 tahun dan 18% berusia 10-20 tahun.

Kemudian penggemar e-sport laki-laki yang berusia 36-50 tahun sebanyak 16%, dan yang berusia 51-65 tahun sebanyak 1%.

Sementara itu, penggemar dari kalangan perempuan tercatat sebanyak 34%.

Penggemar e-sport perempuan juga didominasi usia muda dengan rincian usia 21-35 tahun sebanyak 15% dan usia 10-20 tahun sebanyak 10%.

Ada juga perempuan penggemar permainan ini yang usianya 36-50 tahun sebanyak 8%, dan usia 51-65 tahun sebanyak 1%.

Riset ini dilakukan terhadap 72 ribu responden yang tersebar di 33 negara pada tahun 2021.

Newzoo memprediksi bahwa e-sport akan menghasilkan pendapatan secara global sekitar US$1,38 miliar pada akhir 2022, dengan sepertiganya berasal dari Tiongkok.

(Baca: 5 Pemain E-Sport Berpendapatan Tertinggi di Dunia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.