Indonesia, Negara dengan Daftar Putar Lagu Spotify Paling Sedih

Media
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 03/06/2022 09:50 WIB
5 Negara dengan Daftar Putar Lagu Spotify Paling Sedih (27 Mei 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pendengar Spotify di Indonesia cenderung lebih menyukai lagu-lagu yang terdengar sedih. Kecenderungan ini lebih besar dibandingkan pendengar di negara-negara lain.

Spotify mengukur suasana emosi lagu dengan indikator yang disebut "valensi", yang dinyatakan dalam skor di rentang skala 0-1.

Lagu-lagu dengan angka valensi mendekati 1 terdengar lebih positif, seperti bahagia, ceria atau antusias. Sebaliknya, lagu-lagu dengan valensi mendekati 0 terdengar lebih negatif, seperti murung atau sedih.

Adapun daftar putar lagu terpopuler di Spotify Indonesia, yang berisi 50 lagu dan diperbarui setiap pekan, memiliki rata-rata valensi 0,37 per akhir Mei 2022.

Rata-rata valensi itu merupakan yang paling rendah dibandingkan daftar putar di sekitar 60 negara dan daerah yang dianalisis Spotify.

Dalam daftar putar lagu terpopuler di Spotify Indonesia, emosi lagu Traitor dari Olivia Rodrigo terdengar paling negatif menurut Spotify. Sementara itu, lagu yang terdengar paling positif adalah To the Bone dari Pamungkas.

Adapun negara dengan valensi daftar putar lagu terpopuler paling positif adalah Brasil, disusul Nigeria, Belanda, Polandia dan Chile.

(Baca: Selera Musik di Indonesia Cenderung Lagu Sedih)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.