Survei: Mayoritas Publik Puas terhadap Fasilitas yang Mendukung Mudik Lebaran 2022

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 24/05/2022 19:00 WIB
Tingkat Kepuasan (Sangat Puas+Cukup Puas) terhadap Fasilitas Umum yang Mendukung Arus Mudik Lebaran 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Aktivitas mudik lebaran kembali menggeliat pada Idul Fitri 2022. Berdasarkan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), mayoritas masyarakat menilai puas terhadap berbagai fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah untuk menunjang pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. 

Dalam survei LSI tersebut, rest area tau tempat peristirahatan menjadi fasilitas yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi dari responden.

Tercatat, 86% responden menilai puas dengan fasilitas rest area. Rinciannya, 20% menyatakan sangat puassementara 61% menyatakan cukup puas.

Untuk fasilitas restoran, 81% responden menyatakan puas dan 79% responden juga puas dengan fasilitas kesehatan. Kemudian, 78% responden menyatakan puas dengan terminal bus dan bandar udara.

Adapun, kamar mandi dan toilet menjadi fasilitas dengan tingkat kepuasan paling rendah. Meskipun mayoritasnya atau 75% responden merasa puas dengan fasilitas tersebut tetapi persentasenya lebih rendah dari fasilitas yang lain.

"Penilaian masyarakat terhadap penyelenggaraan arus mudik dan arus balik saat Lebaran ini sangat positif," kata Djayadi dalam konferensi pers hasil survei LSI terkait evaluasi penyelenggara mudik Lebaran 2022, Minggu (22/5/2022).

Adapun, survei ini dilakukan pada 10-14 Mei 2022 dengan melibatkan 1.273 responden. Kriteria responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, serta memiliki telepon/telepon seluler.

Sampel diambil dengan metode random digit dialing (RDD) atau proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Sementara, margin of error survei ini 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

(Baca Juga: Survei JakPat: Mayoritas Uang THR Digunakan untuk Menabung dan Belanja Kebutuhan Pokok)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.