IKLAN

Daftar Universitas yang Lulusannya Mudah Dapat Kerja, Ada dari RI?

10 Universitas Terbaik Dunia menurut QS Graduate Employability Rankings (2022)

Sumber : QS World University Rankings, 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Adi Ahdiat

24/5/2022, 15.40 WIB

Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia QS World University Rankings (QS WUR) telah merilis daftar universitas terbaik dunia tahun 2022 yang lulusannya paling mudah mendapat kerja.

Peringkat ini disusun dengan Graduate Employability Rankings yang memperhitungkan berbagai indikator, seperti kemitraan universitas dengan pemberi kerja, tingkat penerimaan kerja lulusan, serta reputasi pemberi kerja.

Melalui sistem penilaian tersebut, Massachusetts Institute of Technology (MIT) dinobatkan sebagai universitas terbaik dengan lulusan yang paling cepat dan tepat dalam mendapat pekerjaan. MIT memperoleh skor sempurna, yakni 100 poin.

Di urutan kedua ada Stanford University dengan skor 99,3 poin, diikuti University of California Los Angeles (UCLA) dengan skor 99,1 poin, dan universitas lainnya seperti terlihat pada grafik.

Peringkat Kampus di Indonesia

Ada juga 8 universitas lokal yang masuk dalam daftar QS WUR Graduate Employability Rankings 2022 ini.

Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Indonesia (UI) masuk ke kisaran peringkat 251-300 dunia.

Lalu Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berada di kisaran peringkat 301-500 dunia.

Kemudian Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Brawijaya (Unibraw) menduduki peringkat di atas 500.

Dari 8 universitas dalam negeri yang masuk ke pemeringkatan ini, hanya 1 yang berstatus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yaitu Binus, sedangkan sisanya merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

(Baca Juga: 10 Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik, Siapa Juaranya)

IKLAN

data terkait