Pengiriman Smartphone Global Menurun, Samsung Masih Dominan

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 23/05/2022 16:50 WIB
Pengiriman Smartphone Global menurut Vendor (Kuartal I-2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan data Canalys, pengiriman smartphone di skala global pada kuartal I-2022 totalnya berjumlah 311,2 juta unit.

Jumlah itu turun 11% (year-on-year/yoy) dibanding pengiriman pada kuartal I-2021 yang mencapai 347,7 juta unit.

Di kuartal I-2022 Samsung masih mendominasi pengiriman smartphone global, yakni 73,7 juta unit dengan pangsa pasar 22%. Jumlahnya turun 4% (yoy) dibandingkan kuartal I tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 76,5 juta unit.

Posisi kedua ditempati oleh Apple dengan pengiriman sebanyak 56,5 juta unit atau naik 8% (yoy). Apple menjadi satu-satunya vendor yang mencatatkan kenaikan pengiriman smartphone pada kuartal pertama tahun ini.

Menurut para analis Canalys, kinerja Samsung dan Apple terutama didorong oleh dua produk baru mereka yang laku di pasaran. Samsung mengandalkan Galaxy S22 sedangkan Apple mengunggulkan iPhone 13.

Di posisi ketiga ada Xiaomi yang berhasil mengirimkan 39,2 juta unit smartphone ke seluruh dunia pada kuartal I-2022. Pengiriman smartphone dari perusahaan asal Tiongkok ini turun 20% secara tahunan (yoy).

Oppo menyusul di posisi keempat dengan pengiriman 29 juta unit atau turun 27% (yoy). Terakhir, Vivo berada di posisi kelima dengan pengiriman 25,1 juta unit atau turun 30% (yoy).

Adapun gabungan vendor-vendor lainnya mengirimkan 87,6 juta unit smartphone pada kuartal I-2022. Jumlah tersebut turun 7% dari periode yang sama di tahun sebelumnya (yoy).

Canalys menilai ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan pengiriman smartphone, di antaranya perang Rusia-Ukraina, penerapan lockdown di China, dan adanya inflasi global.

(Baca Juga: OPPO Pimpin Pangsa Pasar Smartphone di Indonesia Sepanjang 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.