IKLAN

Jadi Komoditas Unggulan, Produksi Sagu di Riau Terbanyak Nasional

10 Provinsi dengan Produksi Sagu Terbesar (2021)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS),

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Annissa Mutia

9/5/2022, 13.00 WIB

Selain kelapa sawit, sagu menjadi komoditas pertanian unggulan di Provinsi Riau. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi sagu di Riau menjadi yang terbanyak di Indonesia mencapai 274.807 ton pada 2021.

Mengutip Kementerian Pertanian, masyarakat Riau telah lama menjadikan sagu sebagai sumber karbohidrat alternatif, untuk diolah menjadi beragam makanan tradisional, seperti sepolet, gedegob, roti jala, lontong dan cendol sagu.

Selain itu, pati sagu sangat fleksibel untuk diolah kembali menjadi berbagai jenis makanan, seperti mie sagu, biskuit sagu, maupun sagu rendang khas Riau.

Adapun tamanam sagu di Riau banyak tumbuh di daerah hilir sungai maupun di rawa-rawa seperti di wilayah Indragiri Hilir, Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

Selain Riau, provinsi penghasil sagu terbesar di posisi kedua yaitu Papua. Produksinya tercatat sebesar 69.421 ton pada tahun lalu.

Sulawesi Barat menyusul dengan produksi sagu sebesar 10.269 ton. Setelahnya ada Kalimantan Selatan dan Kepulauan Riau dengan produksi masing-masing 3.724 ton dan 3.468 ton.

(Baca Juga: 10 Negara Produsen Singkong Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Daftar?)

IKLAN

data terkait