IKLAN

Mayoritas Masyarakat Indonesia Pernah Belanja Online

Frekuensi Belanja Online Masyarakat

Sumber : Katadata Insight Center (KIC), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Alfons Yoshio

Editor: Dini Hariyanti

27/4/2022, 20.02 WIB

Mayoritas masyarakat pernah setidaknya belanja online melalui platform marketplace. Hanya ada sekitar enam persen responden survei yang mengaku tidak menggunakan lokapasar untuk berbelanja. Hal ini terangkum dalam laporan Survei Status Literasi Digital di Indonesia.

Adapun survei hasil kolaborasi Katadata Insight Center (KIC) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini menyaring informasi dari 10 ribu responden yang tersebar di 34 provinsi.

Hasil survei juga menunjukkan 37,9 persen responden belanja secara daring beberapa bulan sekali. Sekitar 27 persen responden mengaku belanja online sebulan sekali. Di tingkat yang lebih intens sekitar 14 responden mengaku belanja online dua hingga  tiga kali sebulan. Di bawahnya, ada sekitar delapan persen responden yang mengaku belanja online seminggu sekali. Dan paling kecil, hampir dua persen responden mengaku melakukannya setiap hari.

Berikut rangkuman hasil survei frekuensi masyarakat berbelanja di marketplace:

1. Setiap hari - 1.9 persen
2. 2-3 hari sekali - 4,2 persen
3. Seminggu sekali - 8,4 persen
4. 2-3 kali sebulan - 14 persen
5. Sebulan sekali - 27,6 persen
6. Beberapa bulan sekali - 37.9 persen
7. Tidak menggunakan sema sekali - 6 persen 

 

 

IKLAN

data terkait