Inilah 5 Jenis Kanker dengan Jumlah Kematian Tertinggi di Indonesia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 21/04/2022 10:40 WIB
5 Jenis Kanker dengan Jumlah Kematian Tertinggi di Indonesia (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya sel yang abnormal. Sel abnormal tersebut bisa berkembang tanpa terkendali dan memiliki kemampuan untuk menyerang, serta berpindah antar sel dan jaringan tubuh.

Badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) menyebutkan kanker sebagai salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Kematian akibat kanker di dunia diperkirakan akan terus meningkat hingga lebih dari 13,1 juta pada 2030.

Menurut laporan Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO), jumlah kematian akibat kanker di Indonesia mencapai 234.511 orang pada 2020.

Ditinjau dari jenisnya, kasus kematian pada kanker paru-paru menjadi tertinggi mencapai 30.843 orang atau 13,2% dari total kematian kanker. Diikuti kanker payudara sebanyak 22.430 orang (9,6%) dan kanker serviks sebanyak 21.003 kasus (9%).

Menurut WHO, merokok merupakan faktor risiko utama penyebab kanker di Indonesia. Sedangkan di dunia, kebiasaan merokok menyumbangkan 20% kematian akibat kanker dan 70% kematian akibat kanker paru-paru.

(Baca Selengkapnya: Diabetes dan Hipertensi, Komorbid Utama dalam Kematian Covid-19 di RI)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.