5 Negara dengan Tingkat Daur Ulang Sampah Tertinggi

Energi
1
Monavia Ayu Rizaty 20/04/2022 15:20 WIB
5 Negara yang Memiliki Tingkat Daur Ulang Sampah Tertinggi di Dunia (2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sampah selalu menjadi persoalan pelik yang dirasakan hampir di seluruh dunia. Tidak hanya negara miskin dan berkembang, sampah juga menjadi masalah yang menyita perhatian negara maju. 

Meski demikian, beberapa negara sudah banyak yang menerapkan sistem pengolahan sampah untuk mengatasi persoalan satu ini. Melansir dari Sustainability Mag, berikut ini beberapa negara yang memiliki tingkat daur ulang sampah tertinggi di dunia.

  1. Jerman - 56,1
  2. Austria - 53,8%
  3. Korea Selatan - 53,7%
  4. Wales - 52,2%
  5. Swiss - 49,7%

Jerman menjadi negara dengan tingkat daur ulang sampah terbaik di dunia. Di Jerman, persentase sampah yang diolah kembali sudah mencapai 56,1%. Negara ini mampu mengurangi total limbah sebesar 1 juta ton setiap tahun. 

Sistem pengolahan dan pemilahan yang dilakukan Jerman sebenarnya sederhana tetapi mendetail. Kotak pembuangan sampah dengan warna berbeda yang ada di sekitar daerah tempat tinggal, mendorong pemilahan dilakukan oleh tiap-tiap individu atau setidaknya dari rumah masing-masing. 

Di samping itu, Jerman juga menerapkan Green Dot Policy di mana seluruh kemasan daur ulang harus diberi tanda khusus. Perusahaan harus membayar biaya ketika lebih banyak kemasan yang digunakan.

(Baca Selengkapnya: Ternyata Indonesia Masih Impor Sampah Plastik, Ini Negara Pemasok Terbanyak)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua