Mayoritas Muslim Indonesia Pilih Masak Sendiri untuk Sahur dan Buka Puasa

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 18/04/2022 14:10 WIB
Persiapan Makanan untuk Sahur dan Buka Puasa
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Momen puasa di bulan Ramadan menjadi spesial bagi umat Muslim di Indonesia, salah satunya dari segi hidangan makanan. Masyarakat Indonesia kerap membuat berbagai masakan yang hanya disantap ketika Ramadan, seperti kolak, aneka es buah, ketan, dan lainnya.

Berdasarkan hasil survei Jakpat, mayoritas umat muslim Indonesia lebih memilih memasak sendiri hidangan makanan di rumah untuk persiapan sahur dan berbuka puasa. Secara rinci, ada 58% responden yang memasak sendiri saat sahur, sedangkan 56% responden melakukan hal tersebut saat berbuka puasa.

Ada juga responden yang memakan hasil masakan anggota keluarga saat sahur sebesar 51% dan berbuka puasa 50%. Lalu, responden yang membungkus makanan untuk sahur dan berbuka masing-masing sebesar 17% dan 30%.

Kemudian, sebanyak 13% responden memilih untuk memesan makanan secara online untuk sahur. Sementara, responden yang memesan makanan saat berbuka puasa sebesar 17%. 

Responden yang memilih makan di restoran untuk sahur dan berbuka masing-masing sebesar 6% dan 13%. Sementara 4% responden memilih katering untuk disajikan saat sahur dan 5% responden melakukan hal tersebut untuk dihidangkan ketika berbuka puasa.

Adapun, survei ini dilakukan terhadap 1.051 responden yang beragama Islam dengan margin kesalahan di bawah 3%. Pengumpulan data dilakukan pada 5-6 April 2022.

(Baca Juga: Cendol hingga Boba, Ini Produk Minuman yang Laku saat Ramadan)

 

 

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua