Minyak Sawit, Komoditas Pangan dengan Produksi Terbesar di RI

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 12/04/2022 10:30 WIB
10 Komoditas Pangan dengan Produksi Terbesar di Indonesia (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki kekayaan bahan pangan yang melimpah. Kekayaan pangan menjadi barang dagang unggulan untuk menunjang perekonomian Indonesia.

Selain untuk konsumsi dalam negeri, berbagai jenis bahan pangan produksi Tanah Air dikirim ke luar negeri untuk diekspor.

Menurut data Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), minyak kelapa sawit menjadi komoditas pangan dengan produksi terbesar di Indonesia. FAO mencatat produksinya mencapai 256,53 juta ton pada 2020.

Karena produksinya yang besar, Indonesia pun menjadi negara eksportir kelapa sawit terbesar di dunia pada 2020. Total nilai ekspor kelapa sawit dari Indonesia mencapai US$17,36 miliar.

Angka tersebut memberikan kontribusi sebesar 53,46% dari total nilai ekspor kelapa sawit global yang mencapai US$32,48 miliar pada 2020.

Komoditas pangan Tanah Air dengan produksi terbesar selanjutnya adalah beras (padi) sebesar 54,65 juta ton. Disusul beras giling sebesar 36,45 juta ton, tebu 28,9 juta ton, dan jagung 22,5 juta ton.

 (Baca Selengkapnya: Ketahanan Pangan Indonesia Masih Kalah dari Singapura)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.