Daftar Negara dengan Kesehatan Mental Terbaik di Dunia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 06/04/2022 13:10 WIB
10 Negara dengan Kesehatan Mental Terbaik di Dunia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei mengenai negara-negara dengan kondisi kesehatan mental terbaik dalam skala global diluncurkan Sapien Labs dalam laporan Mental State of the World 2021.

Venezuela tercatat sebagai negara dengan kondisi mental terbaik di dunia. Negara tersebut memiliki skor MHQ tertinggi yakni 91.

Posisi kedua diraih oleh Spanyol dengan skor MHQ 85. Berikutnya Puerto Riko dan Republik Demokrasi Kongo menempati urutan berikutnya dengan skor masing-masing 84 dan 82.

Survei ini melibatkan 223.087 responden pengguna Internet, yang mencakup 34 negara di 6 benua dalam bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, dan Arab.

Kondisi kesehatan mental dalam survei ini mempertimbangkan lima aspek seperti suasana hati dan pandangan, diri sosial atau social self, dorongan dan motivasi, koneksi pikiran tubuh, serta kognisi yang menghasilkan skor akhir Mental Health Quotient (MHQ).

Skor MHQ berkisar dari -100 hingga 200, di mana skor positif berarti "normal" dan skor negatif menunjukkan kemungkinan gangguan mental klinis.

 

Laporan tersebut juga menjelaskan bahwa kesehatan mental bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor demografis, faktor pandemi, faktor ekonomi, dan faktor budaya.

(Baca Juga: Survei BPS: Mental Anak Muda Paling Buruk Selama PPKM Darurat)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua