Survei: Masyarakat Ingin Kembali Hidup Normal, Anggap Pandemi Sudah Terkendali

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Reza Pahlevi 04/04/2022 17:10 WIB
Sikap Masyarakat terhadap Pandemi dan Pembatasan Sosial (Februari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Memasuki tahun kedua pandemi, opini masyarakat terhadap pembatasan sosial mulai berubah. Survei Indikator menunjukkan 67,9% responden menganggap pandemi sudah terkendali dan ingin kembali menjalani kehidupan normal.

Anggapan masyarakat ini muncul lantaran sebagian besar masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 hingga seharusnya kehidupan normal sudah dapat berjalan kembali.

Sementara, hanya ada 27,7% responden yang menganggap pandemi belum berakhir dan pembatasan sosial masih harus diberlakukan kembali jika perlu.

Anggapan pandemi sudah terkendali dan ingin kembali hidup normal ini ditemukan hampir di seluruh wilayah survei. Bali-Nusa Tenggara menjadi wilayah dengan persentase terbesar, yaitu 80,2% untuk anggapan tersebut.

Hanya Maluku-Papua yang 30,2% respondennya menganggap pandemi sudah terkendali dan kehidupan bisa kembali normal. Hasil ini muncul karena ada 53,7% responden wilayah Maluku-Papua yang tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei Indikator melibatkan 1.200 responden sebagai sampel dengan toleransi kesalahan sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei ini dilakukan pada 11-21 Februari 2022.

(Baca: Tren Penularan Menurun, Inilah 10 Provinsi dengan Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi Nasional)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua