Jelang Ramadan, Tren Pencarian "Bukber" di Google Melonjak

Teknologi & Telekomunikasi
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 31/03/2022 19:40 WIB
Tren Pencarian Kata Bukber di Google Menjelang Ramadan (22-28 Maret 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menjelang Ramadan 2022 tren pencarian kata "bukber" di Google meningkat drastis. "Bukber" di sini merupakan singkatan dari "buka puasa bersama".

Dari rentang skala 0-100 di indeks Google Trends, pencarian kata "bukber" pada 22 Maret 2022 masih berada di level  27.

Kemudian dalam beberapa hari selanjutnya tren pencarian meningkat, hingga mencapai level 100 atau puncak indeks Google Trends pada 28 Maret 2022.

Ketertarikan terhadap tradisi bulan Ramadan ini bervariasi antarprovinsi. Pencarian “bukber” paling tinggi tercatat di Yogyakarta, diikuti Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Jakarta, dan Jawa Tengah.

Pencarian terkait "bukber" yang mengalami peningkatan tertinggi adalah “tempat bukber di jakarta”. Sementara itu, pencarian terkait yang paling populer adalah “tempat bukber terdekat”.

Pemerintah Larang PNS Bukber

Seiring dengan tingginya ketertarikan masyarakat akan "bukber", Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau publik agar menerapkan protokol kesehatan saat berbuka puasa bersama di bulan Ramadan.

“Buka bersama jaga jarak dan tidak usah berbicara saat makan. Jangan lupa cuci tangan agar bersih,” kata Wiku, seperti dilansir Katadata.co.id, Selasa (29/3).

Meski demikian, pemerintah nyatanya melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk berbuka puasa bersama selama Ramadan 2022.

"Untuk pejabat dan pegawai pemerintah, kami masih melarang untuk melakukan buka puasa bersama dan open house," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers daring, Rabu (23/3).

(Baca: Apa Saja Persiapan Umat Muslim untuk Menyambut Ramadan?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua