IKLAN

Ini Ketahanan Stok BBM dan LPG Nasional Jelang Ramadan 2022

Ketahanan Stok BBM dan LPG Nasional (per 28 Maret 2022)

Sumber : PT Pertamina Persero, 28 Maret 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Adi Ahdiat

31/3/2022, 14.00 WIB

PT Pertamina telah melakukan penghitungan stok bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) berdasarkan kondisi dan coverage days untuk menjaga kecukupan pasokan menjelang Ramadan 2022. 

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Senin (28/3), Pertamina pun menyatakan kondisi stok serta penyaluran BBM dan LPG nasional lancar dan aman untuk beberapa pekan ke depan.

Dalam kategori bahan bakar untuk rumah tangga, Pertamina melaporkan stok kerosene atau minyak tanah cukup untuk 32,7 hari, sedangkan stok LPG cukup untuk 18,3 hari.

Dalam kategori bahan bakar transportasi, ketahanan stok Premium cukup untuk 18,2 hari, stok Pertamax cukup untuk 17,2 hari, dan stok Pertalite cukup untuk 7,5 hari.

Lalu stok Solar/Bio dilaporkan cukup untuk 11,8 hari, stok Dex cukup untuk 8,4 hari, dan Dexlite cukup untuk 0,2 hari.

Sedangkan stok Avtur diperkirakan cukup untuk 27,9 hari.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian memprediksi pada musim mudik tahun ini akan terjadi peningkatan konsumsi BBM dan LPG, karena pemerintah telah melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan mengizinkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman.

(Baca: Harga Pertamax Pertamina RON 92 Paling Murah? Ini Perbandingannya dengan Shell, BP-AKR, dan Vivo)

IKLAN
TOPIK

Energi

data terkait