Kecelakaan Kerja dengan Korban Terbanyak, Kebocoran Gas Teratas

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 14/03/2022 16:50 WIB
5 Kasus Kecelakaan Kerja dengan Korban Jiwa Terbanyak di Dunia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Telah terjadi kecelakaan kerja di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Geo Dipa di kawasan Dieng, Jawa Tengah pada Sabtu (12/3).

Menurut keterangan resmi PT Geo Dipa Energi, kecelakaan ini berawal dari kegiatan quenching sumur. Salah satu pekerja dikabarkan tengah memeriksa relief valve di mud pump-1 yang terbuka secara otomatis, kemudian ia jatuh pingsan diduga karena terpapar gas beracun yang keluar dari situ.

Perusahaan mengonfirmasi ada 7 korban yang tercatat dari kecelakaan ini, dengan 1 orang di antaranya meninggal dunia.

"Dapat dipastikan juga bahwa kejadian tersebut tidak terjadi ledakan di salah satu sumur, ataupun terjadi pada sumur pengeboran," kata General Manager Geo Dipa Unit Dieng, Budi Santoso dalam rekaman video resmi perusahaan, Minggu (13/3).

Kebocoran Gas Bisa Timbulkan Banyak Korban

Kasus kebocoran gas memang sangat berbahaya dan bisa memakan banyak korban.

Menurut data yang dihimpun perusahaan aplikasi keselamatan kerja DoneSafe, kecelakaan kerja dengan korban terbanyak di dunia juga berasal dari kasus serupa.

DoneSafe mencatat kecelakaan kerja terbesar sampai hari ini adalah kasus kebocoran gas di pabrik pestisida Bhopal, India, pada tahun 1984.

Dalam peristiwa itu diperkirakan sekitar 30-40 ton gas beracun dari dalam pabrik bocor dan mengontaminasi udara dalam waktu 1 jam, meracuni ratusan ribu orang di sekitar pabrik, dan menimbulkan korban jiwa hingga 16 ribu orang.

Menurut catatan DoneSafe, pemerintah India menilai kecelakaan tersebut disebabkan oleh pemeliharaan alat yang buruk dan manajemen keselamatan perusahaan yang tidak memenuhi standar.

Selain kasus Bhopal, Done Safe juga mencatat bahwa kecelakaan kerja yang sangat mematikan bisa terjadi di sektor industri terkait perkapalan, pertambangan, bahkan pabrik tekstil.

Berikut daftar 5 kasus kecelakaan kerja dengan korban terbanyak sampai hari ini:

  1. Kebocoran Gas Bhopal – 16.000 orang tewas
  2. Ledakan Halifax – 2.000 orang tewas
  3. Ledakan Tambang Honkeiko – 1.549 orang tewas
  4. Tenggelamnya Kapal Titanic – 1.503 orang tewas
  5. Keruntuhan Gedung Rana Plaza – 1.130 orang tewas.

(Baca Juga: Jumlah Kecelakaan Kerja di Area Pertambangan Turun 27,3% pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua