Mayoritas Sanksi Global terhadap Rusia Dikenakan ke Individu

Ekonomi & Makro
1
Reza Pahlevi 09/03/2022 19:30 WIB
Target Sanksi Global terhadap Rusia (22 Feb-6 Mar 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Castellum.AI, sejak Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui kedaulatan daerah separatis Donetsk dan Luhansk di Ukraina (22/2), Rusia telah dikenai 2.778 sanksi global.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.427 sanksi atau 87% ditargetkan kepada individu dari kelompok pejabat pemerintah Rusia (termasuk Putin), politisi, serta oligarki dan keluarga mereka yang selama ini diuntungkan dari kebijakan ekonomi Putin.

Kemudian ada 332 sanksi ditujukan untuk lembaga, baik itu lembaga pemerintah maupun lembaga keuangan dan perbankan di Rusia. Amerika Serikat (AS) menjadi negara pemberi sanksi paling banyak untuk lembaga Rusia, yakni 150 dari 332 sanksi.

Pemberian sanksi selanjutnya adalah untuk kapal dan pesawat. Sudah ada 6 kapal dan 2 pesawat kargo Rusia yang dikenakan sanksi global.

Jika ditotalkan dengan sanksi sejak sebelum masa invasi, Rusia kini sudah dikenakan 5.532 sanksi global. Rusia pun menjadi negara dengan jumlah sanksi internasional terbesar, menggeser Iran yang dikenakan 3.616 sanksi.

(Baca Juga: Rusia Jadi Negara dengan Sanksi Internasional Terbanyak)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.