Lulusan Perguruan Tinggi Lebih Banyak Perempuan ketimbang Laki-laki

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 09/03/2022 19:40 WIB
Persentase Penduduk Indonesia yang Memiliki Ijazah Perguruan Tinggi Menurut Jenis Kelamin dan Daerah Tempat Tinggal (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, persentase penduduk perempuan berusia 15 tahun ke atas yang memiliki ijazah perguruan tinggi lebih banyak daripada penduduk laki-laki.

Persentase perempuan yang pernah menamatkan perguruan tinggi mencapai 10,06% pada 2021, sedangkan laki-laki 9,28%.

Angka tersebut menunjukkan bahwa hampir 10 dari 100 perempuan berusia 15 tahun ke atas di Indonesia berhasil meraih ijazah perguruan tinggi.

Jika dirinci berdasarkan daerah tempat tinggal, persentase perempuan yang mempunyai ijazah perguruan tinggi di perkotaan mencapai 13,51%, sedangkan laki-laki sebesar 12,56%.

Kemudian di wilayah perdesaan sebanyak 5,57% perempuan memiliki ijazah perguruan tinggi, sementara persentase laki-laki hanya 4,76%.

Di sisi lain, ada juga 16,09% perempuan berusia 15 tahun ke atas tidak memiliki ijazah sama sekali. Persentase itu lebih tinggi dibandingkan laki-laki yang sebesar 11,65%.

Artinya, hampir 2 dari 10 perempuan berusia 15 tahun ke atas di Indonesia belum pernah menamatkan pendidikan di jenjang apapun.

(Baca Juga: Pelaku Kekerasan terhadap Perempuan Mayoritas Berstatus "Mantan")

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.