Kepuasan Masyarakat pada Kinerja Jokowi Turun

Politik
1
Monavia Ayu Rizaty 04/03/2022 15:40 WIB
Tren Kepuasan atas Kinerja Presiden (Februari 2019-Februari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei terkait tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Presiden Jokowi. Hasilnya, meski menurun, tingkat kepuasan masyarakat masih berada di angka 66,3%. Pada Desember 2021, tingkat kepuasan masyarakat tercatat sebesar 71,4%.

Penurunan tingkat kepuasan masyarakat itu tidak lepas dari penilaian mereka terkait empat sektor yakni demokrasi, ekonomi, politik dan hukum. Empat sektor ini juga terus mengalami tren penilaian negatif.

Tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden merata di semua segmen masyarakat baik dari sisi gender, usia, etnis, agama, pekerjaan, dan pendidikan. Tingkat kepuasan yang terbilang cukup rendah ada di masyarakat yang berpendidikan tinggi (universitas), tetapi masih di angka kepuasan 49%.

Lembaga Survei Indonesia menggelar survei ini sejak 25 Februari 2022 hingga 1 Maret 2022. Sebanyak 296,982 responden yang terdistribusi secara acak di seluruh Indonesia pernah diwawancarai secara tatap muka langsung dalam rentang 3 tahun terakhir.

Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) hasil survei sebesar 2,89%. Adapun para responden yang diwawancara pada 25 Februari hingga 1 Maret 2022 itu mewakili 71% populasi warga yang mempunyai hak pilih.

(Baca Selengkapnya: Survei Indikator Politik: Publik Lebih Suka Presiden dari Sipil)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua