Survei Indikator Politik: Publik Lebih Suka Presiden dari Sipil

Politik
1
Dwi Hadya Jayani 14/01/2022 17:50 WIB
Pandangan Mengenai Presiden Seharusnya Berlatar Belakang Militer atau Sipil
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia memiliki tujuh presiden sejak dinyatakan merdeka pada 1945. Ketujuh presiden ini berasal dari latarbelakang yang berbeda-beda. Terdapat dua presiden yang memiliki latar belakang militer. Sementara yang berasal dari sipil sebanyak lima orang.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, penilaian publik mengenai seharusnya presiden memiliki latar belakang militer atau sipil terpecah dan hampir berimbang. Kendati publik yang berpendapat presiden sebaiknya berlatarbelakang sipil lebih tinggi, yaitu 45,7%.  

Adapun responden yang berpandangan bahwa presiden sebaiknya berlatar belakang militer atau tentara sebesar 42,3%. Jadi selisih dari kedua pendapat ini hanya 3,4 poin.

Survei diselenggarakan pada 6 hingga 11 Desember 2021 di 34 provinsi Indonesia. Populasi survei ini seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum dengan melibatkan 1.220 orang. Kemudian, terdapat penambahan sebanyak 800 responden di Jawa Timur.

Metode yang digunakan adalah simple random sampling. Toleransi kesalahan dari survei ini kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Suku Minang Paling Tidak Puas dengan Kinerja Jokowi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.