Deretan Sektor Saham yang Paling Disukai Anak Muda, Apa Saja?

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 11/02/2022 14:10 WIB
Ragam Sektor Saham Favoirit Anak Muda
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Investasi saham tengah populer digandrungi oleh para anak muda. Sejumlah sektor saham pun dinilai memiliki prospek yang bagus untuk berinvestasi.

Seperti sektor keuangan yang merupakan sektor saham yang paling disukai oleh generasi muda. Hal ini berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) yang menunjukkan bahwa mayoritas atau 36,1% responden menyukai sektor saham ini.

Sektor pertambangan menduduki peringkat kedua sebagai sektor saham yang paling diminati anak muda. Persentasenya mencapai 15,6%.

Sebanyak 11,8% responden mengatakan menyukai sektor saham teknologi. Lalu, sebanyak 11,5% responden menyukai sektor saham consumer goods.  

Berikutnya, sektor saham infrastruktur, utilitas, dan transportasi memiliki persentase sebanyak 7,5%. Ada pula sektor seaham perdagangan, jasa, dan investasi yakni sebesar 5%.

Kemudian, sebanyak 4% responden mengatakan menyukai sektor saham aneka industri. Diikuti oleh sektor saham properti dan real estate sebesar 3,4%, serta pertanian dan industri dasar & kimia masing-masing sebesar 2,5%.

Adapun survei ini dilakukan terhadap 1.939 responden berusia 15 tahun ke atas yang memiliki investasi di seluruh Indonesia. Survei ini dilakukan pada 6-12 September 2021 secara online dengan metode non-probability sampling dengan margin of error ± 2,23%.

Survei ini juga menanyakan mengenai platform yang digunakan untuk membeli obligasi dan forex. Keseluruhan pilihan responden yang disebut dalam survei ini dan hasil survei serta analisis perilaku investasi generasi muda dapat diunduh melalui https://katadata.co.id/platform-investasi.

(Baca: KIC: Mudah Dijual, Faktor Utama Masyarakat Memilih Investasi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua