10 Komoditas Pertanian Paling Banyak Diproduksi di Indonesia

Agroindustri
1
Vika Azkiya Dihni 10/02/2022 12:00 WIB
10 Komoditas Pertanian Paling Banyak Diproduksi Indonesia (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Berdasarkan data Food & Agriculture (FAO), komoditas pertanian paling banyak diproduksi Indonesia adalah kelapa sawit. Pada 2020, produksi kelapa sawit di Indonesia tercatat sebesar 256,5 juta ton.

Produksi kelapa sawit yang banyak di Indonesia didukung oleh luas arealnya. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, luas areal kelapa sawit di Tanah Air mencapai 14,8 juta hektare pada 2020. Riau tercatat sebagai daerah dengan lahan sawit terluas sebesar 2,8 juta hektare.

Selain kelapa sawit, Indonesia juga dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara bahkan dunia. Sebutan itu muncul lantaran produksinya yang tinggi di Tanah Air. Data FAO mencatat produksi padi di Indonesia sebesar 54,6 juta ton, sementara produksi beras (setara dengan beras yang digiling) sebesar 36,45 juta ton.

Komoditas lainnya yang juga banyak diproduksi di Indonesia adalah tebu sebesar 28,9 juta ton. Diikuti oleh jagung dan singkong dengan produksi masing-masing 22,5 juta ton dan 18,3 juta ton.

Selanjutnya, produksi pisang di Indonesia sebesar 8,18 juta ton. Produksi telur ayam dan daging ayam masing-masing sebesar 5,04 juta ton dan 3,7 juta ton.

(Baca Selengkapnya: Daftar 10 Negara Produsen Padi Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua