10 Daftar Hewan dengan Usia Terpanjang

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 10/02/2022 13:10 WIB
10 Hewan dengan Usia Terpanjang
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hewan memiliki usia yang cukup beragam, mulai dari paling singkat hingga paling lama. Hewan dengan usia terpanjang diketahui mampu hidup hingga mencapai ribuan tahun.

Melansir dari situs treehugger.com, Antarctic Sponge atau Spons Antartika menjadi hewan yang memiliki usia paling lama yaitu mencapai 1.550 tahun. Spons hanya bergerak kurang dari 1 milimeter per hari. Selain gerakkannya, pertumbuhan spons pun terhitung sangat lambat. Laju pertumbuhan yang lambat ini membuat spons memiliki hidup yang sangat lama.

Hewan dengan usia terpanjang berikutnya adalah Greenland Shark atau Hiu Greenland yang dapat hidup hingga 392 tahun. Menurut sebuah penelitian, hiu ini tumbuh dengan sangat lambat, hanya sebesar 1 cm per tahun.

Lamellibrachia Tube Worm atau Cacing Tabung Lamellibrachia memiliki usia hingga 250 tahun. Makhluk ini memiliki pertumbuhan yang sangat lambat dan dapat ditemukan di Samudera Atlantik, terutama di bagian dangkal cekungan Teluk Meksiko.

10 Hewan dengan Usia Terpanjang

1. Spons Antartika (1.550 tahun)

2. Hiu Greenland (392 tahun)

3.  Cacing Tabung Lamellibrachia (250 tahun)

4. Bulu Babi Merah (hingga lebih dari 200 tahun)

5. Paus Bowhead (hingga lebih dari 200 tahun)

6. Ikan Koi (hingga lebih dari 200 tahun)

7. Quahog Laut (hingga lebih dari 200 tahun)

8. Kura-kura (177 tahun)

9. Kerang Geoduck (165 tahun)

10. Tuatara (100 tahun)

Ada pula hewan yang diketahui dapat hidup abadi, seperti spesies ubur-ubur Turritopsis Dohrnii. Mereka tidak punya otak, tidak punya jantung dan makan melalui anusnya, tetapi bisa bertahan hidup sejak sebelum dinosaurus ada.

(Baca Selengkapnya: Hewan Darat Ini Miliki Tubuh Paling Tinggi di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua