Daftar Universitas Terbaik di Korea Selatan Versi US News Best Global Universities

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 09/02/2022 18:10 WIB
6 Universitas Terbaik di Korea Selatan Versi US News Best Global Universities (Per 25 Oktober 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Korea Selatan menjadi salah satu tujuan negara yang banyak diminati siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Mulai dari K-pop hingga drama Korea, kebudayaan Korea telah memikat hati banyak orang.

Hal tersebut menjadi salah satu sebab kenapa Korea Selatan menjadi destinasi kuliah yang digemari. Tak hanya itu, Korea Selatan termasuk negara yang memiliki beberapa perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia.

Berdasarkan penilaian US News Best Global Universities, berikut 10 universitas terbaik di Korea Selatan:

1. Seoul National University

Seoul National University dinobatkan sebagai kampus nomor satu di Korea Selatan dengan meraih skor 68,5 poin. Secara global, universitas ini menempati urutan ke-130 terbaik.

Universitas yang didirikan pada tahun 1946 ini merupakan universitas nasional pertama di Korea Selatan. Universitas ini termasuk ke dalam jajaran universitas dengan fasilitas kampus terbesar di Korea Selatan.

2.  Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University atau yang juga dikenal sebagai SKKU menempati posisi kedua sebagai universitas terbaik di Korea selatan dengan meraih skor 62,4 poin. Menjadi universitas tertua di Asia Timur, universitas ini dikenal sebagai universitas dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Universitas ini memiliki dua kampus utama yang dibagi menjadi kampus untuk sastra dan ilmu sosial, dan kampus lainnya untuk ilmu alam. Universitas ini juga banyak menawarkan berbagai program beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa internasional.

3. Korea University

Korea University menempati posisi ketiga dengan perolehan skor 60,6 poin. Universitas swasta yang didirikan pada tahun 1905 ini memiliki dua kampus yang terletak di Kota Seoul dan Kota Sejong.

Universitas ini juga menawarkan sejumlah program kuliah dengan pengantar perkuliahan dalam bahasa Inggris. Korea University juga bekerjasama dengan banyak institusi pendidikan ternama di dunia.

4. Korea Advanced Institute of Science and Technology

Memperoleh skor 60,2 poin menempatkan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) sebagai kampus terbaik keempat di Korea Selatan. Kampus yang didirikan pada tahun 1971 ini berfokus pada sains dan teknologi.

Jurusan yang tersedia di kampus ini antara lain kimia, biologi, teknik biomedis, neurosains, dan robotik. KAIST juga memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap seperti asuransi kesehatan, tempat tinggal bagi mahasiswa internasional, hingga beasiswa untuk mahasiswa.

5. Yonsei University

Yonsei Univetsity merupakan universitas kristen swasta favorit yang menyediakan fasilitas pendidikan yang cukup lengkap, khususnya bagi mahasiswa internasional. Didirikan pada tahun 1885, Yonsei University merupakan universitas terbaik kelima dengan perolehan skor 58,7 poin.

6. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST adalah salah satu dari empat universitas negeri di Korea Selatan yang didedikasikan untuk penelitian di bidang sains dan teknologi. Berada di peringkat keenam sebagai universitas terbaik di Korea Selatan dengan skor 56,7 poin.

UNIST dikenal sebagai universitas favorit dengan fasilitas pendidikan yang cukup lengkap. Tak hanya itu, UNIST memiliki kualitas pendidikan yang tak kalah bagus dibanding universitas lainnya yang ada di Korea Selatan.

(Baca Juga: 10 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Dunia 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua