IKLAN

Inilah Deretan 8 Kota Pusat Bisnis Dunia

8 Kota Pusat Bisnis Dunia (2022)

Sumber : Statista,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

4/2/2022, 10.40 WIB

Menurut Statista Global Business Cities Index, Hong Kong menempati urutan teratas sebagai kota pusat bisnis dunia dengan skor indeks 100 poin pada 2022. Hong Kong juga dikenal sebagai pusat keuangan global, dnegan hanya membutuhkan waktu satu setengah hari untuk memulai bisnis di negara ini.

Itu lantaran Hong Kong memiliki sistem perbankan yang sehat, hampir tidak ada hutang publik, sistem hukum yang kuat, sistem anti korupsi yang ketat, dan kedekatan hubungan dengan Tiongkok.

London berada di urutan kedua dengan skor indeks 95,08 poin. Pembukaan pasar dan iklim yang ramah investor membuat London menjadi salah satu pusat bisnis dan keuangan dunia.

Kota-kota berikutnya yang masuk sebagai kota pusat bisnis dunia adalah Paris (94,63 poin), Frankfurt (90,71 poin), Amsterdam (90,7 poin), Tokyo (90,04 poin), Singapura (89,7 poin), dan Oslo (89,63 poin).

Statista Global Business Cities Index memberi peringkat kepada kota-kota bisnis di dunia dengan menggunakan empat indikator, yaitu ekonomi, masyarakat, lingkungan operasional bisnis, dan karisma sebuah kota.

(Baca Selengkapnya: Bagaimana Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Bisnis di Indonesia?)

IKLAN