BPS: Mayoritas Rumah Tangga Miskin Memiliki Tingkat Pendidikan Rendah

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 04/02/2022 14:00 WIB
Persentase Rumah Tangga Miskin Berdasarkan Tingkat Pendidikan (Maret 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Mayoritas rumah tangga miskin memiliki tingkat pendidikan rendah. Hal ini senada dengan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan, rata-rata rumah tangga miskin yang memiliki latar belakang lulusan Sekolah Dasar (SD) ke bawah memiliki tingkat kemiskinan yang lebih tinggi dibandingkan tingkat pendidikan lainnya.

Rinciannya, rumah tangga miskin yang tidak tamat SD memiliki persentase sebesar 29,86%. Kemudian, rumah tangga miskin lulusan SD memiliki persentase sebesar 37,74%.

Kemudian, persentase penduduk miskin lulusan SMP tercatat sebesar 15,05%. Lalu, penduduk miskin lulusan SMA sebesar 15,54.

Berbeda dengan lulusan SD ke atas, persentase penduduk miskin pada golongan perguruan tinggi lebih rendah. Hal ini terlihat pada rumah tangga miskin lulusan perguruan tinggi yang memiliki persentase terendah yakni 1,81%.

Sementara, persentase penduduk tidak miskin terbanyak pada golongan lulusan SMA yakni sebanyak 28,70%. Persentase penduduk tidak miskin terbanyak berikutnya yakni berasal dari golongan lulusan SD yakni sebanyak 28,15%.

(Baca: Garis Kemiskinan Per Rumah Tangga di 10 Provinsi Ini Terbesar Nasional)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua